Mengapa Harus Memakai Angin Nitrogen untuk Kendaraan Anda?

Mengapa harus memakai angin Nitrogen untuk ban motor?Jika sobat sering mengisi bahan bensin di pom bensin biasanya disitu terdapat tempat tambal ban tubeless sekaligus tempat pengisian angin Nitrogen.Memang aat ini tempat pengisian angin Notorgen mudah didapatakan,di toko yang khusus menjual ban kendaraan maupun di SPBU kita sering menjumpainya.
Salah satu bagian terpenting dalam kendaraan adalah ban,pemilihan ban motor yang asal-asalan terutama untuk sepeda motor ternyata ada dampaknya,seperti keselamatan,motor menjadi lebih boros karena ukuran ban yang tidak standar,sebenarnya ada solusi lain untuk mengatasinya salah satunya dengan mengisi angin Nitrogen.

Supaya sobat lebih paham tentang kegunaan angin nitrogen untuk ban sobat,alangkah baiknya sobat memahami penjelaslan yang akan saya sebutkan dibawah ini.

Kembali ke topik utama,tekanan udara yang stabil sangat diperlukan untuk keamanan berkendara,resiko terburuk akibat tekanan ban yang terlalu tinggi adalah pecah ban,daya cengkrang tidak maksimal sehingga ban menjadi licin.

Apa itu Nitrogen?
Sebelum sobat mencoba untuk mengisi angina Nitrogen untuk ban kendaraan sobat,ada baiknya mengetahui apa sih Nitrogen itu.
Pada tahun 1772 Daniel Rutherford secara resmi menemukan Nitrogen, dia menyebutnya udara beracun atau udara tetap.
Gas diatomik tanpa warna ,bau dan rasa ini tidak mudah bercampur dan bereaksi dengan unsur senyawa yang lain.Unsur kimia yang memiliki lambing “N” dan bernomor atom 7 dalam tabel periodik ini memiliki sifat malas sehingga dinamakan zat lemas karena tidak mudah bereaksi dengan unsur lainnya.Perlu sobat ketahui bahwa Nitrogen mengisi 78,08 % atmosfer Bumi .

#Kelebihan dan keuntungan mengisi ban motor dengan nitrogen

Berbeda dengan mengisi ban kendaraan dengan angin biasa atau Oksigen,beberapa kelebihan berikut ini bisa menjadi pertimbangan penting mengapa sobat harus memakai angin Nitrogen meskipun harganya relatif lebih mahal dibanding angin biasa/oksigen.
Akan tetapi keuntungan yang didapat lebih banyak dari apa yang harus dibayar,kira-kira seperti itu logikanya.
  • Tekanan udara pada ban yang diisi angin Nitrogen lebih stabil,hal ini sebagai antisipasi ban pecah saat cuaca panas terik berbeda dengan angin biasa yang mudah menguap dan memuai di suhu tinggi.Pemakaian angin nitrogen sangat dianjurak terutaama bagi sobat yang memakai ban motor jenis tubeless,mengapa demikian?Ban tubelessl itu lebih tebal dari ban biasa.
  • Meminimalisir kebocoran ban,molekul angin Nitrogen lebih besar dibandingakan angin biasa sehingga gaya gesek rendah.
  • Dengan tekanan udara yang stabil dan gaya gesek yang rendah memungkinkan udara didalam ban menjadi lebih awet sehingga sobat jarang nambah angin Nitrogen.Meskipun harganya relatif mahal namun pengisiannya pun jarang,pengalaman saya selama memakai angin nitrogen saya menguras nya dalam kurun waktu 3 bulan sekali.
Pengisian angin nitrogen yang baik bila sobat hendak menggantinya dari angin biasa atau mengurasnya dengan mengganti angin baru sebaiknya udara di dalam ban dikuras sampai habis.
Tapi sobat gak usah bingung karena pealatan pengisian angin sekarang sudah modern dan petugas pengisian anginpun saya rara sangat prfesional.


 Dari pernyataan tersebut maka bisa diterik kesimpulan bahwa pengisian ban kendaraan memakai angin Nitrogen sangat direkomendasikan untuk keamanan dan kenyamanan sobata selama berkendara dan untuk mendapatkannya pun sangat mudah apalagi bila di daerah sobat sudah terdapat toko khusus penjualan ban motor,biasanya toko tersebut memberikan angin nitrogen gratis untuk setap pelanggan yang membeli ban motor di tokonya,dan lebih bagusnya lagi kita diberi kartu tanda bahwa kita telah membeli ban di toko tersebut dan bisa mengisi angin nitrogen kapanpun dan itu gratis.

Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat dan sekarang sobat lebih paham tentang kegunaan angin nitrogen untuk ban motor.keep safety riding.
Sumber referensi modifikasi.co.id,kphmph.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Harus Memakai Angin Nitrogen untuk Kendaraan Anda?"

Post a Comment